Enter your email address:


sekilas tentang css

CSS (Cascading Style Sheet) secara sederhana adalah sebuah metode yang digunakan untuk mempersingkat penulisan tag HTML, seperti font, color, text, dan tabel menjadi lebih ringkas, sehingga tidak terjadi pengulangan penulisan.

CSS adalah bahasa style sheet yang digunakan untuk mengatur tampilan dokumen. Dengan adanya CSS memungkinkan kita untuk menampilkan halaman yang sama dengan format yang berbeda.CSS sendiri merupakan sebuah teknologi internet yang direkomendasikan oleh World Web Consortium atau W3C pada tahun 1996.

Untuk saat ini terdapat dua versi CSS, yaitu CSS1 dan CSS2. CSS1 dikembangkan berpusat pada formating dokumen HTML, sedangkan CSS2 dikembangkan untuk bisa memenuhi kebutuhan terhadap format dokumen supaya bisa ditampilkan di printer.

Selain itu, CSS2 menentukan penentuan posisi content, downloadable, font, table layout, dan media type untuk printer. Kehadiran versi CSS2 diharapkan lebih baik dari versi yang pertama. Browser Netscape versi 4x ke atas dan IE 4x ke atas sudah mendukung CSS1 dengan baik.

Beberapa kegunaan dengan menggunakan CSS adalah :
  • Mempersingkat penulisan tag HTML. Kita tidak perlu mendefinisikan setiap tag dengan properti dan nilai yang sama.
  • Mempercepat proses rendering atau pembacaan HTML, karena tidak terdapat pengulanagn HTML.
  • Mudah dan cepat dalam me-maintenance. Kalu file CSS yang dibuat secara terpisah, maka kita tidak perlu merombak semua elemen atau properti dalam HTML, cukup mengedit file CSS-nya saja.
  • CSS bisa melakukan apa yang tidak bisa dilakukan oleh HTML, misalnya kita bisa memberika warna pada input box atau scrollbar, yang tentunya tidak bisa dilakukan oleh HTML.
  • Tampilan situs bisa menjadi lebih menarik.

Saat ini, hampir 75% para desainer web menggunakan bantuan CSS baik CSS1 atau CSS2 untuk mempercantik tampilan sebuah situs.



0 komentar:

Posting Komentar

MyLangit Theme By ewok
Copyright © 2008 Bloggerized by : GosuBlogger | Inspired By Langit : Djemba