Enter your email address:


perkembangan apple

apel ijo
Perusahaan ini menjadi satu-satunya merek yang disegani dalam dunia IT. Untuk status tersebut, Apple memang berjuang keras dan bahkan pernah dalam situasi kritis. Lalu munculah konsep "i".

Bagaimana Apple melihat dirinya sendiri, tampaknya jelas terlihat dari logo perusahaan tersebut, sebuah buah apel yang sudah digigit. Regis McKenna, yang banyak membantu perusahaan tersebut, memiliki alasan tersendiri.

Dalam perspektif kitab suci, apel menjanjikan godaan dan sekaligus pengetahuan. Tentang pengetahuan, logo Apple juga mengingatkan kita pada mitos klasik. Isaac Newton sedang duduk-duduk dibawah sebuah pohon, kemudian sebuah apel jatuh ke atas kepalanya. Inilah yang digambarkan oleh Apple.

Gambaran Apple yang ambisius ini mulanya membawa perusahaan tersebut ke dalam situasi yang naik-turun. Kegagalan proyek-proyek mereka kemudian diikuti dengan kesuksesan proyek yang inovatif. Setelah stagnan selama 20 tahun, keadaan berubah sampai pada iMac pada tahun 1998. Sejak saat itu, keberuntungan perusahaan ini mengingatkan kita kepada mitos Raja Midas. Semua yang disentuh Apple, berubah menjadi emas.

Dinamika perusahaan memang tercermin dari karakter kedua pendirinya, Steve Jobs yang ambisius dan Steve Wozniak yang mampu melakukan apa saja. Wozniak mengembangkan Apple II dengan sebuah sistem operasi DOS dan kemudian menjadi pondasi bagi kesuksesan mereka. Sebaliknya, Jobs mengembangkan Macintosh (dinamakan dari salah satu jenis buah apel) yang mengantarkan komputer Desktop pertama secara massal dan masih eksis sampai hari ini.

Sementara itu, mereka meluncurkan Apple III dan Lisa yang tidak mendapat sambutan hangat dari publik karena sangat mahal atau tidak muncul pada saat yang tepat. Masalah teknis dan angka penjualan Macintosh yang jatuh mengharuskan Jobs meninggalkan perusahaannya.

Tidak seperti Macintosh, Apple tidak dominan dimiliki oleh para pendirinya, melainkan dimiliki oleh banyak pemegang saham sampai saat ini. Microsoft memegang saham lebih banyak dibandingan Steve Jobs.

Setelah hengkangnya Jobs, kondisi perusahaan kembali berubah cepat. Macintosh Portable, yang menjadi notebook pertama secara teknis sudah sangat canggih, tetapi masih terlalu mahal. Sebagai PDA pertama, Newton memang memasuki dunia baru, tetapi awalnya masih memiliki banyak bug.

Walaupun mengeluarkan perangkat PowerPC yang cepat, perusahaan ini tidak berbuat banyak dibawah dominasi Microsoft-Intel. Sistem operasi mereka sepetinya usang. Pada tahun 1995, Apple hampir bangkrut dan hampir dijual. Namun, Sun menolak penawaran potensial tersebut.

Resep kesuksesan "i" pada Apple

Krisis membawa Steve Jobs kembali. Bersama NeXTStep, dia mengembangkan sebuah sistem operasi modern yang kemudian menjadi basis untuk Mac OS X baru. Apple iMac, komputer plus monitor dengan casing transparan merupaka inovasi besar pertama pada masa Jobs.

Namun, istilah "i" sebenarnya bukan merujuk pada inovasi, melainkan Internet. Apple kemudian membuat tren yang selama ini ditinggalkan oleh perusahaan tersebut. Mereka tidak ingin mengulanginya lagi.

Perangkat dalam iMac sebenarnya biasa saja. Namun, desain yang orisinil menjadi kekuatan yang membedakannya dengan PC biasa. Inilah yang menjadi resep mereka untuk produk-produk Apple selanjutnya. Desain yang menarik dan inovasi teknologi, tetapi tetap dengan menghormati keinginan pengguna.

Terobosan menjadi pemain global berhasil dilakukan dengan iPod dan bussiness platform mereka, Apple Store. Bila ingin membeli musik di Internet, Apple selalu menjadi pilihan. iPhone dan App Store-pun mengulang kesuksesan mereka. Sampai pertengan tahun 2009, pengguna sudah men-download 8 miliar lagu dan 2 miliar aplikasi.

Timeline Sejarah Perkembangan Apple

1946

Apple Berdiri
Perusahaan ini didirikan pada tanggal 1 April di sebuah kamar tidur. Dua pendirinya adalah Steve Jobs dan Steve Wozniak
Apple I
Untuk komputer ini, pendiri Apple harus membuat sendiri casing-nya.



1977

Logo 1977
Sebuah pemahaman diri yang bernilai jual tinggi: Apel dari pohon pengetahuan.
Apple II
Terobosan Apple II terjual 5 juta unit sampai tahun 1993 dan menjadi salah satu komputer paling sukses di masa itu.



1983

Lisa
Apple menawarkan komputer Desktop pertama ke pasaran. Namun, komputer ini mengalami masalah teknis dan tergolong terobosan yang gagal.



1984

Macintosh
Rancangan Jobs ini merupakan pesaing Lisa di dalam internal mereka dan menjadi komputer standar baru dari Apple.



1988

NeXStep
Setelah keluar dari Apple, Jobs mendirikan perusahaan sendiri yang kemudian mengembangkan cikal bakal Mac OS X yang aktual.



1989


Macintosh Portable
Menggunakan teknologi flop terbesar yang inovatif, notebook pertama ini dipasarkan seharga 6.500 dollar dan berbobot 7 kilo.



1993

PowerPC
Apple, IBM, dan Motoroloa mengembangkan sebuah arsitektur CPU baru untuk menyaingin dominasi Microsoft-Intel.



1997

Jobs Kembali
Apple membeli perusahaan Jobs, NeXT dan menawarkan posisi sebagai advisor. Tidak lama, Jobs menjadi CEO dan kemudian berubah menjadi penyelamat.



1998

iMac
Sebuah komputer dalam casing yang menawan. iMac yang inovatif menjadi komputer pertama yang hanya menyediakan koneksi USB untuk perangkat periferal.



2001

iPod
Sebuah perangkat lifestyle yang membawa Apple merambah keluar dari dunia komputer dan menghasilkan keuntungan yang besar.
Mac OS X
Sistem operasi ini merupakan lompatan Quantum dalam teknologinya yang membuat Windows mendadak terlihat usang.



2003

iTunes Music Store
Apple memberikan sebuah model dari sesuatu yang tidak dilakukan oleh sebuah industri, yaitu mencari uang dengan musik di Internet.



2006

Intel
Intel menawarkan kinerja lebih baik dengan harga yang ekonomis. Apple mulai dibangun dengan CPU buatan Intel.



2007

iPhone
Ponsel dengan fungsi touch ini menjadi model untuk semua SmartPhone setelahnya.



2009

Mac OS X 10.6
Versi terbaru sistem operasi Apple tidak lagi mendukung arsitektur PowerPC.
Kesehatan Jobs Menurun
Perusahaan menjadi bergantung. Kabar sakitnya Jobs membuat saham Apple jatuh.



2020 (Di Masa Depan)

Tren Monopoli
Bila Apple masuk ke dalam bisnis E-Book, Apple Store mungkin menjadi alamat web pertama untuk mencari electronic entertainment, selain game.


Baca Lanjutannya: http://www.belajar-sendiri.com/2010/10/apple-dari-masa-ke-masa.html#ixzz15dqxfU9l
Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial

 



0 komentar:

Posting Komentar

MyLangit Theme By ewok
Copyright © 2008 Bloggerized by : GosuBlogger | Inspired By Langit : Djemba